Monday 7 July 2014

jalan yang tidak aku tempuh




Dua jalan bercabang dalam remang hutan kehidupan,
Dan sayang aku tidak bisa menempuh keduanya,
Dan sebagai pengembara, aku berdiri lama,
Dan memandang ke satu jalan sejauh aku bisa
Kemana susurnya mengarah di balik semak belukar.
Kemudian aku memandang yang satunya, sama bagusnya,
Dan mungkin malah lebih bagus,
Kerna jalan itu tampak segar dan mengujakan
Meskipun tapak yang telah melewatinya
Juga telah merundukkan rerumputan,
Dan pagi itu keduanya sama-sama terbentang,
Di bawah hamparan dedaunan gugur yang belum terusik,
Oh, kusimpan jalan pertama untuk lain kali !
Meski tahu semua jalan juga berkaitan,
Aku ragu akan pernah kembali.
Aku akan menuturkannya sambil mendesah,
Suatu saat berabad-abad mendatang,
Dua jalan bercabang di hutan, dan aku…
Aku menempuh jalan yang jarang dilalui
Dan itu mengubah segalanya.

No comments:

Post a Comment